Ukuran Lapangan Bola Basket Lengkap Dengan Gambar

Ukuran lapangan basket telah memiliki standar tersendiri, baik secara nasional maupun internasional. Nah, bagi Anda yang merupakan pecinta olahraga ini, pernahkah Anda memperhatikan detail ukurannya?

Dalam artikel ini, kita akan mempelajari tentang ukuran lapangan bola basket. Yuk, simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Sejarah Bola Basket

dr james naismith

Olahraga basket diciptakan oleh seorang dokter sekaligus guru pendidikan jasmani bernama Dr. James Naismith. Banyak referensi sejarah yang menyatakan bahwa permainan ini pertama kali ditemukan pada tahun 1891.

Dr. James Naismith awalnya hanya ingin menciptakan permainan yang dapat dimainkan oleh siswanya dalam ruangan selama kondisi cuaca musim dingin. Namun, permainan itu harus mencakup aktifitas melompat, koordinasi mata dan tangan, menembak, berlari, dan ketangkasan dalam memainkan bola. Dari keinginan inilah akhirnya olahraga bola basket ditemukan.

Permainan ini awalnya sangat sederhana dengan bola yang juga sederhana. Dr. Naismith melakukannya dengan melempar bola sepak ke dalam keranjang buah persik yang diletakkan pada tembok gedung olahraga.

Meski demikian, seiring dengan perkembangannya ia ditambah dengan inovasi-inovasi lain berupa strategi dan aktifitas untuk memaksimalkan kerja anggota tubuh. Bola yang digunakan juga pada akhirnya dibuat khusus agar sesuai dengan kebutuhan.

Istilah-Istilah dalam Lapangan Bola Basket

Sebelum kita mempelajari tentang ukuran lapangan bola basket, kita akan terlebih dahulu mempelajari istilah-istilah yang berkaitan dengannya.

Kita perlu mengetahui beberapa istilah untuk tiap garis yang dibuat pada lapangan basket. Istilah-istilah itu adalah sebagai berikut:

1. Garis Three Point ( 3 – Point )

Garis three point ( 3 – point line ) adalah garis besar dan melingkar yang berada di dekat ring basket.

Ia digunakan untuk menentukan poin lebih dan menjadi pembatas antara tembakan 2 poin dan tembakan 3 poin. Penembak jarak jauh yang menembak dari lokasi ini bisa mendapat poin lebih daripada menembak dari parimeter dan paint area yang hanya 2 poin.

Mengenai jaraknya, itu sangat beragam sebagaimana berikut ini:

  1. Untuk kompetisi yang diadakan oleh NBA, maka jaraknya adalah 6,71 hingga 7,24 meter.
  2. Untuk kompetisi yang berlevel internasional yang diadakan oleh FIBA, maka ia berjarak sekitar 6,6 sampai 6,75 meter.
  3. Untuk level kompetisi sekolah menengah atas ( SMA ), jarak 3 – poin line adalah 6,02 meter.
  4. Untuk level kampus, jaraknya adalah 6,32 meter.

2. Lingkar Tengah ( Center Circle )

Lingkar tengah atau center circle adalah garis yang berada tepat di tengah lapangan dan memiliki bentuk berupa lingkaran. Guna dari lokasi ini adalah untuk melakukan tip off ketika pertandingan dimulai dan digunakan ketika dalam pertandingan terjadi jump ball.

Jarak antara lingkar tengah ke ring basket sekitar 14 meter. Mengenai diameternya, maka untuk standar FIBA adalah 3,6 meter dan untuk standar NBA ia 3,66 meter.

3. Key (Lingkar Free Throw)

Lingkar free throw adalah garis yang melingkar tepat di tengah free throw line. Pemain dapat menembak pada lokasi ini jika mereka dihadiahi lemparan free throw.

4. Low Post

Low post adalah garis yang menjadi favorit para pemain untuk mencetak angka karena dengan dengan ring basket. Ia adalah jarak paling dekat dengan ring di luar free throw line atau paint area.

5. Area Perimeter

Area perimeter adalah jarak antara garis free throw dan garis 3 – poin. Bagi beberapa posisi pemain basket yang memiliki kemampuan menembak dengan jarak menengah yang baik seperti shooting guard, lokasi ini biasa dimanfaatkan untuk mendulang angka.

Shooting atau tembakan yang dilakukan dari jarak ini biasanya disebut dengan mid-range shoot atau perimeter shoot. Tembakan melalui  garis 3 – poin atau sedikit keluar juga disebut dengan perimeter shoot.

Ukuran Lapangan Basket Internasional Menurut FIBA

ukuran lapangan bola basket FIBA
rookieroad.com

FIBA (Fédération Internationale de Basketball) didirikan pada tanggal 16 Juni 1932 oleh Negara Cekoslowakia, Argentina, Italia, Yunani, Rumania, Portugal, Latvia, dan Swiss.

Ia merupakan Badan Federasi Basket Internasional yang banyak membuat peraturan-peraturan baku dalam dunia basket. FIBA memiliki markas di Jenewa, Swiss.

Salah satu ketetapan dari FIBA adalah mengenai ukuran lapangan bola basket. Standar ukuran yang dikeluarkan oleh Badan Federasi ini adalah:

  1. Lapangan harus memiliki panjang 28 meter dan lebar 15 meter.
  2. Diameter lingkar tengah harus 3,6 meter dan jarak 3-point line dari ring basket adalah 6,75 meter dari tengah lapangan dan dari corner spot 6,6 meter.
  3. Mengenai tinggi ring basket, ia harus 10 kaki atau sekitar 3,05 meter. Jarak free throw adalah 4,6 meter.

Standar Ukuran Lapangan Standart NBA

ukuran lapangan bola basket nba
sportsfeelgoodstories.com

NBA (National Basketball Association) merupakan liga bola basket untuk pria yang berlokasi di Amerika Serikat. Ia didirikan pada tanggal 6 Juni 1946.

Standar ukuran lapangan yang diterapkan oleh NBA cenderung sedikit lebih besar dari standar internasional yang diterapkan oleh FIBA. Namun, dari standar yang telah dibakukan, perbedaannya tidak terlalu banyak.

NBA menerapkan standar lapangan basket sebagai berikut:

  1. Panjang yang dimiliki lapangan harus 28,65 meter. Adapun lebarnya harus 15,24 meter.
  2. Mengenai tinggi ring, ia sama dengan FIBA, yaitu 3,05 meter.
  3. Adapun jarak 3-point line dari ring harus 7,24 meter untuk area tengah dan dari sisi corner 6,7 meter. Ini lebih panjang.

Baca Juga: Gambar dan Ukuran Lapangan Badminton Standar Nasional Lengkap

Bentuk Lapangan Basket Standar Nasional Perbasi

lapangan basket nasional standar perbasi

Indonesia juga memiliki asosiasi olahraga bola basket tersendiri. Organisasinya disebut dengan Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia ( PERBASI ). Ia didirikan pada tanggal 23 Oktober 1951.

Tugas organisasi ini adalah untuk mengatur dunia olahraga bola basket yang ada di Indonesia.

Mengenai ukuran lapangan bola basket standar nasional menurut PERBASI adalah:

  1. Lapangan bola basket harus memiliki panjang : 29 m. 94 ft
  2. Lebar untuk lapangan harus : 15 m 50 ft
  3. Radius yang dibatasi busur memiliki ukuran :1,22 m. 4 ft
  4. Ring basket harus memiliki tinggi : 3,05 m. 10 ft
  5. Jarak 3 poin dari ring basket memiliki ukuran : 7,24 m. 6.70 m. in corner / 23,75 ft 22 ft in corner.
  6. Dari lantai ke bawah backboard, ukuran garis lemparan bebas adalah :4,57 meter 15 ft
  7. Lingkaran pusat lapangan bola basket memiliki diameter  : 3,66 m. 12 ft

Leave a Comment